Selamat datang di Website PT. Krakatau Tirta Industri    
  • Log In | |

Kerjasama Kemitraan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat

    Kawasan Cagar Alam (CA) Rawa Danau seluas 3.542,70 Ha, selain memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, juga memiliki potensi jasa lingkungan air yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitar kawasan. Salah satunya adalah Sungai Cidanau yang secara tidak langsung telah dimanfaatkan oleh PT Krakatau Tirta Industri untuk pemenuhan kebutuhan air bersih.

    Sebagai upaya menjamin kelestarian dan kemanfaatan kawasan CA Rawa Danau, telah disepakati perjanjian kerjasama antara Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat dengan PT. Krakatau Tirta Industri tentang Pelestarian Sumber Daya Air di Kawasan Cagar Alam Rawa Danau dan Cagar Alam Gunung Tukung Gede yang telah ditandatangani pada tanggal 21 Agustus 2014 Nomor : PKS 995/BBKSDA JABAR-1/2014 dan 25/PERJ/DU-KTI/VIII/2014.

    Para Pihak secara bersama-sama telah melaksanakan Rencana Kerja Tahunan (RKT) 2016.  Selanjutnya, Para Pihak secara bersama-sama menyusun RKT 2017, yang dijadikan acuan oleh Para Pihak dalam melaksanakan kegiatan kerjasama kemitraan pada tahun 2017.

    Pada penandatangan ini dari Pihak PT KTI dihadiri oleh Direktur Utama Bp. Sofyan Amin, Direktur Operasi Bp. Edi Rachman dan Kasi DAS & Bendungan sdr M. Nashir sedangkan dari pihak BBKSDA Jabar di Hadiri Oleh Kepala Balai Bp. Sustyo Iriyono lengkap dengan jajarannya, Subbagian Perencaan dan Kerjasama Bp Teguh , Kasie I Wilayah Serang Bp. Andre Ginson. Point-point pada kerjasama yaitu : A. Pengamanan Kawasan CARD & CAGT yaitu Penyuluhan dan sosialisasi dan rencana deklarasi bersama masyarakat dikawasan dengan Pihak KSDA Jawa Barat, Pemeliharaan Pal Batas, dan pengamanan kawasan baik yang dilaksanakan polhut dan pamswakarsa. Dan juga akan dilaksanakan B. Pengelolaan Kawasan CARD & CAGTG yang terdiri dari : persemaian 20.150 bibit, pembersihan alur Sungai Cidanau. C. Pendidikan dan Pelatihan yang terdiri dari: Pendidikan konservasi SD/SMP sekitar kawasan, Pembinaan Pamhut swakarsa dan D. Sarana Prasarana yang terdiri Personel pamhut swakarsa, Pembuatan tanda alur sungai cidanau, Pembuatan papan larangan/himbauan serta perbaikannya dan Dukungan Manajamen.

    Besar harapan dan terimakasih yang disampakain oleh bapak Sofyan Amin dengan adanya kerjasama tahunan PT KTI-BBKSDA ini kondisi cagar alam rawa dano menjadi semakin baik yang ditandai dengan penurunan jumlah perambah setiap tahunnya dan juga kuantitas, kualitas dan kontinuitas air baku senantiasa terjaga terutama untuk air baku ke PT. KTI.


  • 18-09-2017

Kategori Berita

ILMU PENGETAHUAN

Air menjadi salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Air menjadi salah satu potensi alam yang paling besar untuk kehidupan dan alam semesta. Air menjadi komponen paling besar dalam tubuh manusia. Namun dalam kehidupan manusia sebenarnya tidak bisa dipisahkan...
Read more

Bendung adalah pembatas yang dibangun melintasi sungai yang dibangun untuk mengubah karakteristik aliran sungai. Dalam banyak kasus, bendung merupakan sebuah kontruksi yang jauh lebih kecil dari bendungan yang menyebabkan air menggenang membentuk kolam tetapi mampu melewati bagian atas bendung. Bendung mengizinkan...
Read more

Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak,...
Read more