Selamat datang di Website PT. Krakatau Tirta Industri    
  • Log In | |

SOFT LAUNCHING BUDAYA PERUSAHAAN PT KTI

Panggung dan tenda menjadi “aksesoris” yang berbeda di halaman depan Gedung Tirta Graha PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI), Selasa (02/01/2017). Jajaran kepala divisi  (kadiv) dan setingkat, kepala dinas, dan karyawan PT KTI tampak berkumpul di bawah tenda. Hadir pula Direktur Manajemen PT Krakatau Blue Water R. Djitheng Hendrarso yang merupakan karyawan penugasan PT KTI di perusahaan joint venture di bidang pengolahan limbah tersebut. Tidak lama berselang, keempat Direksi PT KTI : Direktur Utama Agus Nizar Vidiansyah, Direktur Operasi Edi Rachman, Direktur Keuangan, Personalia, & Umum Slamet Gunawan, dan Direktur Pengembangan Usaha Tatang Kusmara tampak menuruni anak tangga memasuki tempat kegiatan. Ya, pada hari itu Direksi, manajemen, dan karyawan PT KTI tengah melaksanakan briefing awal tahun 2018. Kegiatan briefing ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan setelah sebelumnya pergantian tahun diperingati dengan tasyakuran di penghujung Desember tahun-tahun sebelumnya. Hal penting yang menjadi ruh kegiatan ini adalah soft launching budaya perusahaan PT KTI yang baru, EQuIPOSE, sebagai kelanjutan dari perumusan rencana jangka panjang perusahaan yang telah disahkan bulan Desember 2017 lalu.

 

Setelah acara dibuka dengan pembacaan do’a, berkesempatan pertama menyampaikan arahan dan sambutan adalah Edi Rachman. Beliau menyampaikan rasa syukur dengan pergantian tahun ini memberikan semangat baru bagi perusahaan dan setiap insan PT KTI untuk melakukan perubahan dan inovasi yang baru. Beliau mendorong agar terus memacu kinerja yang unggul berkelas dunia. Dengan tantangan yang semakin besar, beliau yakin ketulusan dan keikhlasan dalam berkarya mampu membawa PT KTI menuju masa depan yang lebih baik lagi. Selanjutnya Tatang Kusmara menyampaikan target-target yang menjadi tantangan PT KTI di tahun-tahun yang akan datang. Berkaitan dengan strategis peningkatan kapasitas PT KTI hingga 3.000 liter per detik yang menjadi tonggak KTI 2.0, beliau membacakan Surat Keputusan Direksi PT KTI tentang Tim Pengembangan PT Krakatau Tirta Industri 2.0. Tim KTI 2.0, demikian nama tim tersebut, diamanahi untuk merealisasikan misi PT KTI di tahun 2018 ini.

 

Berikutnya dalam sambutan Slamet Gunawan menyampaikan mengenai pencapaian di tahun 2017, mulai dari pencapaian target laba sampai dengan peraihan karya inovasi internasional dan nasional yang diikuti PT KTI. Beliau juga menekankan prestasi di tahun 2017 bersama-sama didorong sehingga dapat menjadikan perusahaan lebih jaya dan karyawan semakina sejahtera. Terakhir, Agus Nizar Vidiansyah menyampaikan sambutan. Beliau menekankan pentingnya pergantian tahun dan momen-momen transisi lainnya dimaknai sebagai tonggak perubahan ke arah yang lebih baik. Pergantian tahun tidak harus dipandang sebagai sebuah kultus terhadap tradisi kebudayaan asing atau keagamaan tertentu, melainkan sebagai sarana introspeksi dan membangun resolusi-resolusi serta gagasan-gagasan yang berkelanjutan. Selain itu, beliau juga berkenan menyampaikan makna dan esensi di balik budaya perusahaan EQuIPOSE.

 

Dalam kesempatan ini pula dilaksanakan seremoni serah terima jabatan Kadiv Pengembangan Usaha PT KTI dari semula Hikmah Widyanti kepada Iwan Sulistiyo dan Ahli Utama Project Management Officer yang diembankan kepada Yuyun Permana. Selain itu, dilakukan pula penyerahan penghargaan dari PT KTI kepada para jawara inovasi tingkat internasional dan nasional PT KTI yang berhasil mengharumkan nama perusahaan di tahun 2017 lalu. Kegiatan semakin meriah dengan adanya dialog ringkas antara Agus Nizar Vidiansyah dengan Oky Fredy yang mewakili Serikat Karyawan PT KTI (SAKTI). Oky Fredy menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada Direksi untuk menjadikan perusahaan dan karyawan semakin jaya dan sejahtera. Agus Nizar Vidiansyah menanggapi bahwa kejayaan perusahaan dan kesejahteraan karyawan harus berjalan seimbang dengan memperhatikan kepentingan para pemegang saham. Keseimbangan itulah yang harus menjadi perhatian bersama dengan bersama-sama meredam egosentris dalam diri setiap pihak.

 

Akhirnya kegiatan ditutup dengan foto bersama direksi, kadiv/setingkat, dan karyawan PT KTI. Para hadirin juga berkesempatan mengabadikan budaya perusahaan yang baru melalui fotro udara.

 

Jalan ‘Singkat’ Perubahan Budaya

EQUIPOISE sebagai budaya perusahaan PT KTI yang baru dapat dikatakan demikian singkat dicetuskan untuk mengubah budaya perusahaan yang lama, yaitu AIR. EQUIPOISE merupakan kependekan dari Excellence, Quality, Innovation, Professional, Optimize, Integrity, Service, dan Eco-firendly. Gagasan perubahan budaya muncul pada saat briefing Direksi PT KTI dengan karyawan di bulan Oktober 2017 lalu dalam rangka mengakomodasi kebutuhan PT KTI akan pengembangan yang lebih progresif dan proaktif. 

Bertepatan dengan proses pembahasan rencana jangka panjang perusahaan tahun 2017 – 2022, tepat di tanggal 18 Desember 2017 lalu, bertempat di Hotel Aston Anyer Beach Hotel, Serang, disahkanlah budaya baru PT KTI tersebut bersama dengan peta jalan rencana jangka panjang perusahaan PT KTI tahun 2017 – 2022. Semoga dengan perubahan budaya perusahaan semakin mendorong PT KTI menjadi unggul dan terdepan dalam penyediaan air dan solusinya bagi industri dan masyarakat Indonesia. (Aboed/Ar.As)

  • 17-01-2018

Kategori Berita

ILMU PENGETAHUAN

Air menjadi salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Air menjadi salah satu potensi alam yang paling besar untuk kehidupan dan alam semesta. Air menjadi komponen paling besar dalam tubuh manusia. Namun dalam kehidupan manusia sebenarnya tidak bisa dipisahkan...
Read more

Bendung adalah pembatas yang dibangun melintasi sungai yang dibangun untuk mengubah karakteristik aliran sungai. Dalam banyak kasus, bendung merupakan sebuah kontruksi yang jauh lebih kecil dari bendungan yang menyebabkan air menggenang membentuk kolam tetapi mampu melewati bagian atas bendung. Bendung mengizinkan...
Read more

Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak,...
Read more